Langsung ke konten utama

Khasiat Dan Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Keseharan



Sudah sejak berabad-abad lalu sarang burung walet di China dianggap sebagai makanan yang lezat dan banyak memiliki khasiat bagi kesehatan, terutama untuk mencegah penuaan, mengobati berbagai penyakit, dan sebagai afrodisiak/pendongkrak gairah. Menurut konsep makanan China, hal ini disebut sebagai “Ying” atau makanan dingin. Dan konon juga ceritanya, sup sarang burung walet pada awalnya adalah hidangan dikalangan keluarga dinasti, sehingga merupakan makanan yang sangat istimewa dan harganya sangat mahal.

Sarang burung walet dibuat dari air liur burung walet itu sendiri, dan pada alam liar biasanya dibuat di suatu tempat yang lembab dan gelap seperti goa-goa di tebing-tebing yang sulit dijangkau manusia. Karena demikian, harga sarang burung yang diyakini berkhasiat tinggi ini dijual dengan harga yang sangat tinggi. Namun karena sekarang sudah banyak dikembangkan, harga sarang burung walet kini sudah turun jauh, berkisar antara 7 juta – 15 juta rupiah per kilogram tergantung kualitas. Untuk jenis sarang burung walet merah harganya masih sangat mahal sekitar, yaitu sekitar 100 jutaan rupiah pada tahun 2010, hal ini karena lebih langka dan lebih tinggi kualitasnya.

Berikut khasiat dan manfaat sarang burung walet untuk menjaga kesehatan dan pengobatan 

1. Kandungan Nutrisi 

Sarang burung yang terbuat dari bahan organik dari air liur walet ini sebagian besar terdiri dari protein larut dalam air, dimana merupakan jenis yang mudah diserap oleh tubuh manusia. Total kadar protein sekitar 65%, sementara sisanya adalah air 10%, lemak  23,3%), dan karbohidrat 0,8%. Hal ini juga mengandung mineral, dan yang terbanyak adalah kalsium dan zat besi. Total kandungan asam amino dalam sarang burung walet adalah sekitar 6 persen, yang terdiri dari amida, humin, arginin, sistin, histidin, dan lisin. Kemungkinan asam amino ini berasal dari kandungan makanan tertentu yang dimakan oleh burung walet. 

2. Kesehatan Reproduksi 

Secara tradisional, salah satu manfaat sarang burung walet yang paling diakui adalah menyehatkan sistem reproduksi. Dan ternyata, klaim ini juga dikonfirmasi oleh hasil penelitian dari uji laboratorium yang dirilis Chinese University of Hong Kong tahun 2003. Manfaat ini disebabkan karena sarang burung walet mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang yang sehat untuk sistem reproduksi yang optimal. Pengujian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mendukung atau membantah hasil studi ini. 

3. Berkhasiat Untuk Pengobatan 

Secara tradisional, sarang burung walet diyakini memiliki khasiat untuk memperkuat paru-paru, serta telah digunakan untuk menyembuhkan dan memperkuat ketahanan tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan darah rendah, suhu tubuh tinggi, dan penyakit lainnya. Mengkonsumsi sarang burung juga dianjurkan untuk membantu pengobatan untuk penyakit degeneratif seperti kanker, juga untuk memulihkan kesehatan setelah sakit atau pasca operasi. Penelitian terbaru yang dilakukan di Hong Kong menyarankan bahwa sarang walet mungkin berguna dalam pengobatan AIDS. Hal ini juga telah diklaim bahwa sarang burung walet mengandung unsur-unsur yang bisa merangsang pertumbuhan sel, yang terutama bermanfaat bagi orang tua yang baru saja pulih dari penyakit.

4. Khasiat Bagi Wanita 

Sarang burung walet terutama banyak dicari oleh para wanita, karena terdapat unsur yang bisa membuat kulit menjadi halus dan berseri-seri. Juga disebutkan bahwa bagi wanita yang sedang hamil, bahwa  mengkonsumsi sarang burung akan membuat bayi yang dilahirkan nanti memiliki halus dan mulus. 

5. Mempercepat Regenerasi Sel 

China sudah mengkonsumsi sarang burung selama ratusan tahun, dan sebagian besar orang disana percaya bahwa sarang burung walet terdiri dari beberapa protein dan mineral yang bisa membantu regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh, meremajakan kulit,  dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga telah menemukan bahwa sarang burung walet mengandung faktor pertumbuhan epidermal, sehingga para ahli pengobatan di China sering meresepkan sarang burung kepada orang yang mengalami masalah keterlambatan pertumbuhan tanpa sebab yang jelas. 

6. Meningkatkan Metabolisme Dan Sistem Kekebalan Tubuh 

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah laboratorium independen juga telah menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandung glikoprotein yang larut dalam air,  yang mempromosikan pembelahan sel yang terdapat dalam sistem kekebalan tubuh. Temuan ini mendukung terhadap kepercayaan yang meyakini bahwa sarang walet bisa mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh. Tidak hanya itu, sarang burung juga memperkuat kerja fungsi tubuh dan memberikan ketahanan terhadap penyakit. 

Secara tradisional, sarang walet ini dikatakan paling efektif terutama untuk anak-anak dan orang tua yang suka sakit-sakitan, namun studi Chinese University di HongKong menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat yang mungkin bermanfaat untuk segala usia. Selain berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh, beberapa hasil temuan juga menunjukkan manfaat positif sarang walet bagi metabolisme tubuh. 

Karena khasiat dan manfaat sarang burung walet bagi kesehatan dipercaya sangat tinggi, maka hal ini membuatnya menjadi sebuah lambang kemewahan dan menjadi langka, yang secara otomatis menjadikan sarang burung walet sebagai komoditas yang mahal. Para konsumen sup sarang burung walet juga banyak yang menyatakan keberhasilan mereka dalam hal penyembuhan penyakit, terutama yang berkaitan dengan sistem pernapasan seperti batuk, asma, atau infeksi tenggorokan – yang membuat permintaan pasarnya semakin tinggi.

Postingan populer dari blog ini

Bintan Island

Bintan Island or Negeri Segantang Lada is an island in the Riau archipelago of Indonesia. It is part of the Riau Islands province, the capital of which, Tanjung Pinang, lies in the island's south and is the island's main community.  Bintan's land area is 2,402.28 square kilometres (927.53 sq mi) (total area is 60,057 square kilometres (23,188 sq mi) including 96% sea area). Its administrative region is designated the Bintan Island Regency, one of the six administrative regions of the Riau Islands province. The city of Tanjung Pinang is an autonomous area within the Bintan Island.
Bintan's history is traced to the early 3rd century. The island flourished as a trading post on the route between China and India, and over the centuries it came under the control of the Chinese, the British, and then the Dutch when it was declared part of the Dutch East Indies through the Anglo-Dutch Treaty of 1824. In the 12th century, the Bintan island in the Strait of Malacca was known as th…

500 Lohan Temple

Generally, there are rather few monasteries dedicated to the Ksitigarbha Bodhisattva, 地藏王菩萨. In Tg Pinang on Bintan Island, Indonesia, there is an interesting Ksitigarbha Bodhisattva Vihara dedicated to the Buddhist Bodhisattva.
A yellow signpost points to the entrance of the vihara where visitors enter a gate at the foot of a hill.  A short climb up the slope, the visitor is greeted by a sculpture of Ksitigarbha Bodhisattva reach out to beings in the lowest realm.  


Entering the Vihara
To enter the vihara, visitors must pass through an impressive archway guarded by General Heng and General Ha. Next to the archway is a pavilion with Buddhas in Thai style and facing this pavilion is a sculpture of baby Buddha. The surrounding wall is decorated with Tibetian Buddhist symbols. The main hall is just next to the pavilion where a sculpture of Ksitigarbha Bodhisattva sits on the altar. Below it and on the floor is a Taoist deity of filial piety. Guarding the main hall are life size sculptures of…

Trikora Beach

Trikora Beachis locatedin the village ofMalangRapat, about 45kilometers east ofthe Tanjungpinang city. To reach Trikora beach fromthe Tanjungpinang is relativelyeasybecausethe road conditions weresmooth(already on theasphalt). For the record, there is no public transportroutesto thebeachTrikora. So, whengoingto thebeach,can hire a private vehicle orrental. Trikora beach has about 25kilometersto the end, the view is beautiful.Along the beach has white sandycovered withthousands ofcoconut palmsand other trees(mangrove).

Senggarang

Senggarang  is a tourist attraction place, it’s a pityto pass awaywhile you are inTanjungPinang. Thissiteis the settlementof ethnicChinesewhohave beenthere for hundredsof years agoinBintan. Untilnow, thepeopleare friendly andstill adhere totheir ancestorsas well ascustomhomesin themediatororon the water, being offeredby theunique characteristicsof thisobject.
Tanjung pinang and Senggarangis opposite.ActuallySenggarangIsland is veryconvenient place tofindpeaceor a awayfrom city life.But,indeedmost peoplewhocomefromSingapore to here for pray because a lot ofthetemplehere.

How To Go To Bintan

* From Jakarta Flight from Jakarta (Soekarno Hatta) - Tanjung Pinang (Kijang) by Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air. Flight Schedule :

Sriwijaya Air Daily Flight (Depart from Jakarta at 18.10 PM - Arrival at Tanjung Pinang at 19.35 PM) (Depart from Tanjung Pinang 07.00 AM - Jakarta 08.30 AM) Lion Air Daily Flight : (Depart from Jakarta at 13.10 PM - Arrival at Tanjung Pinang at 14.40 PM) (Depart from Tanjung Pinang at 03.20 PM - Arrival at Jakarta at 04.40 PM)Garuda Air Daily Flight : (Depart from Jakarta at 05.20 AM - Arrival at Tanjung Pinang at 07.05AM) (Depart from Tanjung Pinang at 07.45 PM - Arrival at Jakarta at 09.20 PM)